Pantai Manakarra

Pantai Manakarra yang berada di daerah Mamujur mempunyai beberapa keunikan yang sangat langka.

Bukan hanya sekedar keunikan dari segi pesona alam semata. Namun ada hal lain dari pantai ini yang sering disebut anjungan manakarra terlihat cukup istimewa dan modern.

Dimana Alamat Dan Rute menuju ke Pantai Manakarra?

alamat rute pantai manakarra
alamat rute pantai manakarra, gambar: NativeIndonesia.com

Pantai Manakarra berlokasi di Jl Yos Sudarso, Karema, Kab Mamuju, Sulawesi Barat. Lokasi ini sangat istimewa dan bukan hanya sekedar strategis.

Ajungan Manakarra menjadi pusat destinasi wisata, pendidikan sekaligus perbelanjaan. Dengan itu Ajungan ini menjadi tempat yang sangat istimewa dan menjadi pusat keramaian.

Karena letak dari Ajungan berada di pusat keramaian, Ajungan ini mempunyai rute jalan yang sangat mudah. Ada berbagai macam jenis transportasi yang menuju ke arah destinasi wisata alam ini.

Rute arah jalan menuju ke pantai di Mamuju dimulai dari Bandar Udara Tampa Padang. Setelah itu perjalanan dapat dilanjutkan dengan transportasi umum.

Waktu perjalanan yang dibutuhkan tidak begitu lama. Dari arah bandara hingga pantai terindah ini hanya memakan waktu selama ยฑ20 menit.

Berapa harga tiket masuk ke Pantai Manakarra?

harga tiket pantai manakarra
harga tiket pantai manakarra, gambar: NativeIndonesia.com

Biaya tiket masuk pantai Manakarra adalah

Tarif
WeekendGratis
Weekday

Jam berapa Pantai Manakkra buka?

jam operasional pantai manakarra
jam operasional pantai manakarra, gambar: Koreksi.id

Untuk menikmati suasana romantisme di pantai ini dapat dilakukan kapan pun. Entah itu pagi, siang hingga malam hari.

Jam operasional pantai manakarra selama 24 non stop. Hal ini memudahkan pengunjung dari luar daerah Mamuju untuk dapat berkunjung di hari mana pun dan jam berapa pun.

Objek wisata apa saja di sekitar Pantai Manakarra?

obyek wisata pantai manakarra
obyek wisata pantai manakarra, gambar: Republika

Destinasi wisata Anjungan manakarra ini merupakan sebuah taman umum yang terletak di tepi laut. Pantai ini dikelola oleh pemerintah, sehingga pengunjung dapat dengan bebas berada di tempat wisata ini.

Pantai di Sulawesi Barat ini mempunyai fasilitas yang sangat memadai. Area taman / anjungan telah dilengkapi dengan beton.

Dengan begitu di pantai ini sama sekali tidak terdapat pasir pantai. Sesuai dengan gambar pantai yang ada, tempat ini memang sangat bersih bak area pedestrian ala perkotaan.

Selain terlihat sangat bersih sesuai dengan foto pantai, Anjungan Manakarra juga terlihat sangat teratur dan rapi. Semua pemandangan pantai tertata dengan sempurna dan jauh lebih modern.

Di samping kondisi pantai yang cukup modern, destinasi wisata ini mempunyai beberapa spot wisata. Di bawah ini adalah daftar spot wisata yang ada di Anjungan Manakarra :

1. Gong perdamaian Nusantara

gong pantai manakarra
gong pantai manakarra, gambar: Twitter

Spot wisata paling menarik di anjungan manakarra yaitu gong perdamaian. Selain menjadi spot paling menarik, gong ini menjadi ikon wisata pantai manakarra dan sekaligus ikon Mamuju hingga Sulawesi Barat, Indonesia hingga internasional.

Gong perdamaian memiliki 6 buah pilar dengan warna merah. 6 buah pilar itu merupakan simbol dari 6 buah kecamatan yang berada di Kabupaten Mamuju.

Untuk makna dari bangunan yang sangat ikonik ini yaitu sebagai simbol persatuan. Jadi semua orang yang tinggal di Mamuju hidup dengan damai dan harmonis, tanpa memandang status ras, suku dan agama.

Pada bagian atas, terdapat lambang burung Garuda Pancasila. Tepatnya berada di tengah dan di atas gong perdamaian.

Makna dari burung Garuda di gong perdamaian itu juga menjadi simbol nasionalisme. Sekaligus menjadi identitas dari bangsa Indonesia.

Pada bagian utama yaitu gong dengan ukuran raksasa. Pesona dari gong raksasa sangat berkilauan dengan warna kuning keemasan.

Selain menjadi terlihat mencolok, juga membuat gong sangat mewah. Di gong raksasa terdapat beberapa hiasan yang mengandung arti sangat dalam.

Ada 5 buah simbol yang menghiasi bagian tengah gong perdamaian. Simbol itu meliputi salib, bulan bintang dan lain โ€“lain.

Selain mempunyai arti mempersatukan daerah Mamuju, gong perdamaian juga merupakan sebuah properti yang diresmikan secara langsung oleh The World Peace Committee. Di Indonesia gong perdamaian tidak hanya terdapat di Mamuju.

Ada 5 buah gong perdamaian Nusantara. Letaknya berada di Kupang, Jogjakarta, Singkawang, Serdang Bedagai dan Palu.

2. Payung Nabawi

payung pantai manakarra
payung pantai manakarra, gambar: nativeindonesia.com

Spot yang kedua ini juga cukup ikonik. Keberadaan dari sebuah taman / pantai dengan payung Nabawi menjadi hal pertama.

Bahkan destinasi wisata anjungan manakarra ini menjadi satu โ€“ satunya pantai dengan payung Nabawi.

Meski demikian, ada tempat lain yang juga dilengkapi dengan payung Nabawi yaitu destinasi wisata religi Islamic Center Aceh.

3. Maleo Town Square

maleo town square pantai manakarra
maleo town square pantai manakarra, gambar: tripadvisor.com

Keberadaan dari pusat perbelanjaan modern Maleo Town Square, membuat suasana pantai ini semakin kompleks.

Ada banyak jenis outlet yang ada di pusat perbelanjaan modern ini yang harus dikunjungi sebagai tips wisata di pantai.

Suasana di Maleo Town Square sangat menyejukan dengan adanya AC.

Berbagai macam kebutuhan dapat diperoleh di tempat ini, seperti baju pantai, oleh-oleh pantai, makanan khas pantai, dan lain sebagainya.

Demikian ulasan mengenai pantai manakarra. Pantai ini merupakan salah satu bentuk dari pantai modern yang tidak dilengkapi dengan pasir.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading...

Leave a Comment